Di Suatu Blog.


Hampir seluruh telefon bimbit saat ini telah dilengkapi Bluetooth, sebuah perangkat komunikasi tanpa kabel menggunakan gelombang radio. Dengan saran ini, berbagai fungsi dalam telefon bimbit dapat disambungkan dengan perangkat lain secara mudah dan praktis.

Makin banyak orang yang memahami dan kemudian menerapkan teknologi ini dalam pemakaian sehari-hari. Namun, sesuatu yang nyaman kemudian membuat orang terlena dan lupa akan risiko bahayanya. Dalam Bluetooth, masih banyak orang yang menganggap ia perkara biasa saja apabila fungsi Bluetooth dalam HP-nya dibiarkan menyala sepanjang waktu.

Padahal, penelitian bersama dua perusahaan keamanan komputer dari Eropah, yakni F-Secure dari Finland dan Secure Network dari Itali, tahun 2006, menunjukkan paling tidak ada empat ancaman utama yang akan datang saat orang terlena menggunakan Bluetooth. Dalam laporan penelitian yang dimuat di http://www.securenetwork.it disebutkan, salah satu ancaman bahaya paling utama adalah serangan VIRUS!

Berbagai bahan peranti perisian yang bersifat merosak, sepertivirus, worm, atau Trojan horses dapat menyebar melalui rangkain Bluetooth, di samping menggunakan cara-cara penyebaran “tradisional” melalui layanan pesan singkat atau SMS, layanan pesan multimedia atau MMS, atau tukar-menukar kad memori.

Virus telefon bimbit seperti Commwarrior bersifat sangat merugikan pengguna telefon bimbit. Virus tersebut akan menyelinap masuk ke sistem komunikasi telefon bimbit dan akan menggandakan serta menyebar dirinya sendiri melalui pengirim MMS tak terbatas tanpa pengetahuan pemilik telefon bimbit. Yang lebih parah! Bagi pengguna pascabayar, SMS tersebut akan dikirim tanpa batas dan Anda mungkin akan pengsan setelah melihat bil yang diterima!

Caranya, telefon bimbit yang menghidap virus ini akan mengesan telefon bimbit di sekitarnya yang sedang mengaktifkan Bluetooth, dan kemudian secara automatik akan membuka rangkaian dengan telefon bimbit tersebut untuk menyebarkan virus. Gejala seperti ini disebut Bluebug.

Infeksi virus tersebut akan menyebabkan gangguan pada sistem dan fungsi-fungsi telefon bimbit, dan akses tanpa izin ke dalam informasi-informasi penting yang tersimpan di telefon bimbit, mulai dari catatan nombor telepon, jaduaal di kalendar, hingga dokumen-dokumen rahsia yang disimpan di telefon bimbit. Apabila data-data tersebut akan diakses tanpa sepengetahuan pemilik, maka semuanya akan diubah bahkan dihapus.

Psstt:Lorghh! Baru tahu bahaya nya BLUETOOTH ni >_<.Jadi korang,jangan biar Bluetooth korang tu sentiasa ON.(Niakulas Fesbook)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: